Spiga

Kesan pertama Visual Studio 2005 Express Edition

Setelah saya berhasil men-download paket Visual Studio 2005 Express, saya langsung meng-install-nya di PC rumah. Namanya orang lagi semangat, dapet maenan baru :)

Saya coba membuat clone sebuah web site e-learning terbaik dan paling populer di Indonesia, www.ilmukomputer.com, dengan menggunakan Visual Web Developer 2005. Biasa, saya nggak punya ide mau bikin apa, jadi iseng aja bikin versi ASP.NET dari ilkom. Kebetulan saya punya CD ilkom, jadi saya nggak perlu online untuk ngambil tulisan & gambar buat project saya. (pssst... mas romi jangan marah, ya... soalnya cuman buat belajar pribadi, kok!).

Anyway....

Kesan pertama:
BAGUS SEKALI! Bikin web application sekarang sudah jauh lebih menyenangkan daripada sebelumnya (ASP.NET 1.1)
Databinding di ADO.NET 2.0 udah lebih baik dan lebih mudah digunakan. Walaupun gak secanggih Delphi yang bisa nampilin Live Data saat design time (hihiihi...)

Bikin tampilan web site yang seragam udah sangat gampang. Sekarang udah ada object master page. Master page adalah template yang bisa dipakai untuk membuat web form yang seragam. Di master page ada satu area yang menggunakan object ContentPlaceHolder. Di area ini semua web form yang dibuat menggunakan sebuah master page dapat dilakukan editing sesuai dengan content-nya masing-masing. Namun bila ingin melakukan editing pada area di luar ContentPlaceHolder harus dilakukan pada master page. Ini cocok buat mereka yang suka bikin CMS (Content Management System) :)

Bikin login di ASP.NET 2.0 juga udah makin gampang. Udah tersedia serenceng object yang dapat digunakan untuk membangun tampilan dan proses login yang standar. Sayangnya saya belum sempet nyoba. Soalnya mesti dipelajari dulu. Belum sempet...

Bikin Bikin web site path juga sangat mudah. Apa? nggak tau yang namanya web site path? Hmm... web site path itu semacam tampilan text yang menampilkan posisi anda di mana pada sebuah situs web. misalnya:

websiteku > blogs > arsip > 2005 > november > tanggal 15

kalo diklik, misalnya, 2005, akan menampilkan daftar bulan2 yang ada entry blog-nya. Kalo yang diklik 'websiteku' maka akan ditampilkan adalah home page situs 'websiteku'. Gitu. Jadi kayak path folder (ngomong2 nanti di Windows Vista, Windows explorer akan menampilkan path foder dengan gaya seperti ini. Jadi semakin mempermudah navigasi).
... terus.... web site path cukup bikin satu file site map. Yaitu sebuah file xml yang 'menggambarkan' hirarki situs yang kita kembangkan. Setelah itu tinggal drag & drop object SiteMapPath. Jadi! Gampangkan? Oya, bikin navigation menu dan navigation tree juga menggunakan file site map yang sama. Jadi membuat kontrol navigasi seperti ini udah makin gampang. Kecuali kalo anda mau bikin menu dengan flash. Itu mah tetep aja manual yak.... :)

Pokoknya dengan nyoba2 beberapa jam saya jadi kagum dengan segala kemudahan dan kecanggihan VS 2005 Express. Downside-nya... BOROS RESOURCE! Komputer saya jadi lelet. Terutama saat running. Bisa ngopi dulu, kali! Bikin pengen upgrade PC dari P4 1.5 ram 256MB ke yang lebih tinggi....